Sabtu, 09 Februari 2019

Sebab Penguatan Kurs Rupiah

Kurs Rupiah akhirnya mengalami penguatan dan penstabilan nilai tukarnya menjelang pengumuman neraca pembayaran pada kuartal IV tahun 2018. Per tanggal 8 febryaru 2019 siang, nilai tukar rupiah berada pada posisi di 13.969 rupiah per dolar amerika serikat atau mengalami penguatan tipis sebesar 0,03% jika dibandingkan dengan penutupan pada hari sebelumnya.
Kurs Rupiah
Kurs Rupiah

Nilai tukar rupiah terhadap dolar amerika serikat dinilai cenderung stabil pada jelang pengumuman neraca pembayaran indonesia atau yang biasa disingkat sebagai NPI pada kuartal IV tahun 2018. Meskipun sebelumnya terjadi pelemahan pada saat pembukaan dagang dihari jumat tanggal 8 Februari 2019, namun pada akhirnya nilai tukar rupiah mengalami penguatan hingga dapat bertengger pada posisi yang tidak jauh dari posisi penutupan pada hari sebelumnya.

Di kancah asia, penguatan rupiah bersamaan dnegan penguatan mata uang negara asia lainnya seperti mata uang peso filipina yang mengalami penguatan sebesar 0,31%, rupee India menguat sebesar 0,2%, Yen Jepang menguat sebesar 0,09%, won korea menguat sebesar 0,11%, dolar taiwan menguat 0,06%, dan dolar hongkong menguat 0,02%, serta dolar singapura mengalami penguatan sebesar 0,01%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar