Sabtu, 09 Februari 2019

Bagaimana Indonesia Jadi Negara Maju

Negara Maju, merupakan impian tiap negara di dunia tidak terkecuali Indonesia. Nawir Messi, Ekonom Senior dari INDEF (institue for Development of Economics and Finance) mengatakan bahwa Indonesia bisa lolos dan mengatasi permasalahan jebakan pendapatan menengah atau yang biasa disebut middle income trap dan menjadi negara maju atau negara dengan berpendapatan tinggi.
Negara Maju
Negara Maju

Akan tetapi untuk mencapai itu semua, Nawir menyebutkan Indonesia perlu mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5% per tahun setidaknya hingga tahun 2030 mendatang. Nawir juga menyebutkan bahwa Hal ini bukanlah perubahan yang kecil, akan banyak sekali tantangan yang dihadapi untuk dapat mendorong perkeonomian sampai naik kelas.

Nawir juga menjelaskan bahwa pemerintah perlu meningkatkan gairah pertumbuhan investasi atau PMTB (Pembentuk modal tetap bruto) yang bertujuan untuk mendongkrak tumbuh kembangnya perekonomian nasional dari yang sebelumnya meoderat dikisaran 5% saja. Nawir menuturkan setidaknya PMTB perlu meninggi sebesar 1.481 triliun rupiah atau tumbuh sebesar 43,03% dibandingkan tahun 2018 agar dapat mencapai pertumbuhan ekonomi sebesar 7,5%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar