Rabu, 17 Oktober 2018

Berapakah Jumlah Jumlah Pulau Indonesia

Indonesia adalah Negara maritim yang memiliki ribuan pulau, namun berapakah Jumlah Pulau secara sah yang dimiliki oleh Negar Kesatuan Republik Indonesia ini. Sebagai salah satu Negara dengan kepulauan terbesar di dunia, ada sebagian masyarakatnya belum mengetahui secara pasti jumlah pulau yang dimiliki oleh Indonesia.
Jumlah Pulau
Jumlah Pulau

Merujuk pada data dari Direktorat Jenderal Pemerintahan Umum Kementerian Dalam Negeri yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik bahwasannya Indonesia memiliki sebanyak 17.504 pulau yang tersebar diseluruh 32 Provinsi Indonesia (32 Provinsi sebelum adanya pemekaran di Kalimantan Utara dan juga Sulawesi Barat).

Merujuk pada data tersebut juga, Pulau terbanyak dimiliki oleh Provinsi Kepulauan Riau dengan jumlah pulau sebanyak 2.408 buah yang kemudian diikuti oleh Provinsi Papua Barat denagn jumlah pulau sebanyak 1.945 buah. Pada posisi ketiga ada provinsi maluku utara dengan jumlah pulau mencapai 1.474 buah. Sementara itu, Provinsi dengan jumlah pulau paling sedikit adalah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta yang hanya memiliki 19 pulau dan juga Provinsi Jambi yang memiliki 19 buah pulau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar